TVRI Kuasai Peringkat Teratas Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi KPI

  • Bagikan
Kantor Pusat TVRI, Senayan, Jakarta.

DEKANDIDAT.ID –  Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) kembali membuktikan diri sebagai media pemersatu bangsa berkualitas dengan menduduki peringkat teratas dalam 5 dari total 8 kategori Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode 1 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bekerja sama dengan 12 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Riset yang melibatkan sejumlah informan ahli tersebut tersebar di 12 kota seluruh Indonesia dengan persentase sebanyak 56% responden perempuan dan 46% responden laki-laki, dengan latar belakang pendidikan yang bervariasi mulai dari tamatan Strata 1 sampai dengan Strata 3.

Adapun 8 kategori yang diriset adalah program wisata dan budaya, religi, anak, berita, talkshow, variety show, infotainment, dan sinetron. TVRI menduduki peringkat pertama dalam kategori Berita dengan indeks 3,52, disusul oleh Kompas pada peringkat kedua dengan indeks 3,44, dan Metro TV dengan indeks 3,34. Untuk ketegori Talkshow, TVRI memperoleh indeks sebesar 3,60, diikuti oleh RTV pada peringkat kedua dengan indeks 3,56 dan Kompas TV di posisi ketiga dengan indeks, 3,46.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa TVRI merupakan salah satu media yang dipercaya publik karena konten berita dan talkshow yang ditayangkan memberikan narasi yang obyektif, perspektif yang jernih, dengan topik yang tidak membuat kegaduhan namun berisi wawasan dan pencerahan bagi publik. Dengan kata lain, TVRI berfungsi sebagai media yang dapat meluruskan diantara gempuran berita dan talkshow yang ada di televisi-televisi lain.

Bahkan Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno, menambahkan “TVRI harus menjadi sumber informasi terpercaya bagi masyarakat, pada saat menyikapi banyaknya hoaks dan kegaduhan akibat berita yang simpang siur, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Maka TVRI harus menjadi semacam clearing house (rumah penjernih) bagi publik“. Hal ini berbanding lurus dengan capaian yang diterima oleh TVRI dari hasil riset yang dilakukan oleh Reuters Institute dan University of Oxford beberapa waktu lalu dimana TVRI memperoleh posisi tiga besar dalam tingkat kepercayaan publik.

Dalam kategori Program Anak, TVRI mendapatkan indeks sebesar 3,78, selanjutnya RTV dengan perolehan 3,56 dan NET. dengan indeks 3,40. Untuk Program Religi, TVRI meraih indeks sebesar 3,63, peringkat kedua diduduki oleh Indosiar dengan indeks sebesar 3,48 dan Metro TV pada peringkat ketiga dengan indeks 3,48. Untuk kategori Wisata dan Budaya TVRI menduduki posisi kedua dengan mendapatkan indeks sebesar 3,76 dengan posisi pertama diisi oleh Metro TV dengan capaian indeks sebesar 3,76 serta Trans 7 pada posisi ketiga dengan indeks 3.73.

Hasil riset tersebut membuktikan bahwa TVRI telah berhasil memenuhi bahkan melebihi indeks standar yang telah ditetapkan oleh KPI sebesar 3,00. Hal ini menunjukkan bahwa TVRI konsisten hadir memberikan tayangan-tayangan yang mengajarkan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. TVRI juga menunjukkan kepedulian yang tinggi atas kepentingan anak dengan menghadirkan program-program ramah anak. Selain itu, penghormatan atas perbedaan dan keragaman budaya juga menjadi nilai yang membuat TVRI hadir sebagai cerminan wajah Indonesia.

Langkah LPP TVRI semakin nyata dalam mewujudkan visi dan misi menjadi lembaga penyiaran kelas dunia dalam memberikan tayangan yang berkualitas melalui program informasi, pendidikan dan hiburan sehat yang menguatkan persatuan serta melestarikan keberagaman guna meningkatkan martabat bangsa di mata dunia.

Total Views: 428 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *