Bank DKI – KCI, Launching Penggunaan JakCard Kereta Commuter Line

  • Bagikan

DEKANDIDAT .ID – Bank DKI berkolaborasi bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam menghadirkan kemudahan tiket perjalanan kereta commuter line (KRL), pada acara bertajuk ”Launching Implementasi Penggunaan JakCard pada Kereta Commuter Line” di Stasiun KAI Commuter Juanda, Jakarta, Kamis (27/7).

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, implementasi ini menjadi sebuah momentum penting dalam upaya perluasan akseptasi JakCard bagi masyarakat khususnya pengguna KRL dengan mobilitas yang tinggi.

”Melalui implementasi ini, Bank DKI semakin melengkapi layanan dalam mewujudkan ekosistem transaksi non-tunai di DKI Jakarta. Hal ini juga sejalan dengan dukungan Bank DKI dalam mewujudkan integrasi pembayaran transportasi umum di DKI Jakarta” kata Amirul.

Sementara itu, Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy dalam kesempatan berbeda menjelaskan, akseptasi JakCard sebagai tiket perjalanan KRL menjadi salah satu bagian dari upaya Bank DKI dalam memperkuat segmen Kartu Uang Elektronik, dan memberikan pilihan bertransaksi secara non-tunai bagi masyarakat.

“Bank DKI memandang optimis transaksi uang elektronik semakin meningkat sebagai bagian dari preferensi masyarakat bertransaksi secara mudah, aman dan nyaman,” ujar Fidri.

Seperti diketahui, sejak diluncurkan pada tahun 2007, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard, yang kini bisa digunakan untuk berbagai tiket masuk seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Taman Impian Jaya Ancol dan berbagai museum kelolaan Pemprov DKI Jakarta.

Tidak hanya itu, JakCard juga dapat digunakan di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara. Untuk kebutuhan tiket transportasi, JakCard dapat digunakan untuk tiket Transjakarta, Mikrotrans, MRT, LRT Jakarta, serta LRT Jabedebek.

Lebih lanjut, Fidri optimis bahwa JakCard yang kini dapat digunakan sebagai tiket perjalanan KRL, dapat semakin diminati mengingat Bank DKI terus mencatat pertumbuhan penggunaan JakCard, dimana pada Juni 2022 tercatat sebanyak 2,5 juta transaksi, dan per Juni 2023 total transaksi penggunaan JakCard tercatat sebanyak 5,1 juta transaksi atau tumbuh 104,86% secara Year on Year (YoY).

Sebagai informasi, JakCard Bank DKI dapat diperoleh di Kantor Cabang Bank DKI, berbagai museum dan tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta. Kedepannya, JakCard akan tersedia melalui official store JakCard di Tokopedia serta di toko ritel seperti Indomaret. Selain itu, pengguna JakCard dapat melakukan pengisian ulang (top up) menggunakan ponsel berfitur NFC melalui aplikasi JakOne Mobile atau melalui Tokopedia.

Acara Launching tersebut, dihadiri langsung Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono bersama Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Broer Rizal, Commercial Vice President PT Kereta Commuter Indonesia, Teguh Triyono, Kepala Stasiun Juanda, Zulfaroki dan Pemimpin Grup Bisnis Digital Bank DKI, Fajar Kusuma Nugraha.

Total Views: 44 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *