LSI: Kekuatan Medsos Prabowo-Gibran Hebat

  • Bagikan

DEKANDIDAT.ID-Meskipun mendapat serangan secara masif melalui media sosial, pasangan Capres-Cawapres Prabowo Gibran memastikan lolos ke putaran kedua, jika Pilpres dilaksanakan hari ini. Hasil survei terkini
Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,3%, disusul Anies-Muhaimin (25,3%), dan Ganjar-Mahfud (22,9%).

“Sejak awal selalu ada blunder-blunder, capres atau pasangan capres-cawapres. Dan itu selalu ada bunyinya di media sosial. Meskipun blundernya banyak, namun kekuatan media sosial pasangan Prabowo-Gibran cukup kuat, mereka mampu mengimbangi sentimen negatif dengan berbagai macam konten-konten positif terkait Prabowo Gibran,” ujar Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Alfarabi, Jumat (29/12) siang, di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta.

“Konten-konten ini adalah konten-konten ringan yang mudah dipahami dan diserap oleh pemilih. Konten yang ringan dari Pak Prabowo yang Gemoy dan kemarin Gibran yang terlihat lebih kokoh ketika debat cawapres, itu mampu dibuat dengan potongan-potongan sederhana yang mudah diserap oleh masyarakat di kelas bawah. Ini membuat elektabilitas Prabowo-Gibran lebih kokoh termasuk di pengguna media sosial.”

Berdasarkan survei LSI yang dilakukan pada 17-23 Desember 2023, pasangan Prabowo-Gibran unggul di media sosial whatsapp, facebook, youtube, tiktok, dan instragram. Sementara pasangan Anies-Muhaimin unggul di media sosial twitter.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih. Metode sampling survei adalah multi-stage random sampling.

Survei LSI Denny JA ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen. Survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif.

Adjie menambahkan, kalau Pilpres berlangsung dua putaran, maka pasangan Prabowo-Gibran menjadi pasangan pertama yang memastikan lolos.

“Kalau terjadi dua putaran, maka yang sudah lolos ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran, statement ini sebetulnya bukan statement pertama yang kami sampaikan, bahwa awal November 2023 kami sampaikan ketika temuan survei kita pasca pendaftaran waktu itu kami sudah menyatakan pasangan Prabowo-Gibran punya potensi lolos ke putaran kedua,” ujarnya.

“Data di akhir Desember ini menunjukkan, mengkonfirmasi temuan kita sebelumnya bahwa Prabowo-Gibran jika Pilpres diadakan dua putaran, maka pasangan yang lolos ke putaran kedua karena angkanya sudah melewati batas minimal untuk lolos ke putaran kedua yaitu itu angka 33,3%,” jelasnya.

“Pasangan yang lain juga dalam posisi yang sama ya, kalau kemudian 2 putaran maka Pak Anies dan Cak Imin itu membutuhkan suara tambahan 8% lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua. Sementara Ganjar-Mahfud itu butuh kurang lebih 10% lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua,” katanya.

Berikut hasil survei LSI Denny JA:
– Prabowo-Gibran 43,3%
– Anies-Cak Imin 25,3%
– Ganjar-Mahfud 22,9%
– Suara tidak sah 0,6%
– Tidak jawab/tidak tahu 7,9%

 

Total Views: 34 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *