LSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Paling Tinggi

  • Bagikan

DEKANDIDAT.ID – Meskipun belum dideklarasikan, elektabilitas pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran menjadi yang tertinggi, mengalahkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Demikian survei terkini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilansir Selasa (24/10) siang, di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta.

“Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas 39,3 persem. Posisi kedua Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 36,9 persen. Posisi ketiga Anies-Muhaimin sebesar 15 persen,” kata Peneliti Senior LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas.

Deklarasi pasangan Capres/Cawapres Prabowo-Gibran rencananya baru akan dilakukan Rabu (25/10) pagi, di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Selisih Prabowo-Gibran dengan pesaing terdekatnya yaitu Ganjar-Mahfud, cukup tipis, yakni sebesar 2,4 persen. Selisih antara Prabowo-Gibran dengan Anies-Muhaimin sebesar 24,3 persen. Adapun selisih antara Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin sebesar 21,9 persen.

“Jika Pilpres dilakukan saat ini, pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud yang lolos ke putaran kedua,” tuturnya.

Sementara jika pilpres dilakukan saat survei dilaksanakan, Prabowo-Gibran meraih 52,5 persen, mengungguli Ganjar-Mahfud, 44,4 persen. Selisih elektabilitas dua pasangan ini mencapai 8,1 persen.

Menyoal suara yang bisa diberikan Gibran pada Pilpres mendatang bisa diberikan dari tiga hal, yakni pemilih di Jawa Tengah yang jumlahnya 13,39 persen, pemilih millennial 48,5 persen, dan pemilih yang puas terhadap Jokowi 70 hingga 80 persen.

Sedangkan Mahfud MD, tambahan suara potensial minimal berasal dari dua segmen masyarakat. Pertama pemilih Nahdlatul Ulama dengan populasi sekitar 50 persen. Kedua, pemilih militan anti korupsi daro civil society yang jumlahnya sekitar 10 persen.

“Namun tentu saja pemilih NU tak pernah satu suara. Mereka bisa saja memilih pasangan Capres yang berbeda dibandingkan himbauan guru dan para kiai-nya,” jelas Hanggoro.

“Tambahan suara dari Muhaimin Iskandarberasal dari pemilih NU dengan populasi sekitar 50 persen dan dari pemilih PKB di bawah 10 persen.”

Ditambahkan, kemana dukungan pemilih yang puas dan tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi? “Di pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi (76,3 persen), paling banyak mendukung Prabowo-Gibran, yang unggul tipis atas Ganjar-Mahfud.”

Prabowo-Gibran mendapatkan 40,5 persen, Ganjar-Mahfud mendapatkan 39,8 persen, dan Anies-Muhaimin mendapatkan 10,1 persen.

“Itu terutama jika Gibran sebagai Cawapres mampu membelah suara Jawa Tengah ke Ganjar. Pasangan Anies-Muhaimin memang kali ini nomor tiga dengan selisih agak jauh. Pasangan ini perlu menemukan hentakan kampanye yang agak beda, masif dan menarik perhatian, agar tidak tersingkir di putaran pertama,” ungkapnya.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face-to-face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar 2,9 persen.

Survei dilakukan pada September 2023. Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

Total Views: 7 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *