Prabowo, Bacawapres Paling Populer di Kalangan Ormas Islam

  • Bagikan
Ardian Sopa

DEKANDIDAT.ID – Meskipun bukan dari parpol Islam, Bacapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto menjadi bacapres paling populer di semua ormas Islam. Demikian hasil survei terkini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilansir Selasa (19/9) siang, di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur.

Di Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia dengan keanggotaan para ulama dan santri yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, Prabowo Subianto dikenal 98 persen.

“Jadi 98 persen dari 56,9 persen itu mengenal Pak Prabowo,” kata Peneliti Senior LSI Denny JA, Ardian Sopa.

Sementara Muhammadiyah menyatakan kenal dengan Prabowo 100 persen. Di luar NU dan Muhammadiyah, ormas Islam lainnya juga mengenal Prabowo 100 persen.

“Jadi lagi-lagi ini bisa jadi memang semuanya 100 persen. Tapi secara sampel 100 persen mengenal Pak Prabowo tapi secara bacaan kita bacaan dari kita bisa jadi sebenarnya belum seluruhnya karena tadi ada margin of error itu,” lanjutnya.

Sementara Bacapres yang diusung oleh PDIP, Ganjar Pranowo, sebanyak 92,5 persen warga Muhammadiyah mengaku mengenalnya.

Sementara Bacapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dikenal 87,4 persen oleh warga NU, dan 92,5 persen warga Muhammadiyah.

“Pak Anies paling banyak di ormas Islam lainnya sampai dengan 100 persen. Kemudian kedua di Muhammadiyah dan yang terakhir di NU,” kata dia.

Ardian berujar, dari data ini di antara tiga bacapres tersebut, Prabowo menjadi bacapres yang paling populer di semua ormas Islam.

“Secara angka kualitas dari pengenalan masing-masing ormas terhadap capres yang ada dan memang kalau dilihat dari sini ya Pak Prabowo yang paling dikenal,” ucapnya.

Survei LSI denny JA dilakukan 1-8 Agustus lalu dengan metodologi multistage random sampling, melibatkan 1.200 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Responden diwawancarai secara tatap muka dari rumah ke rumah. Margin of error untuk survei ini 2,9 persen.

Total Views: 21 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *