LSI: Banyak Pendukung Prabowo Beralih Pilih Anies

  • Bagikan

DEKANDIDAT.ID – Meskipun langsung diserang netizen, kedatangan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menemui Habib Rizieq Shihab tak bisa dikatakan blunder. Hal demikian dikatakan Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, Senin (10/10) petang, di Jakarta.

“Anies tidak blunder. Kan tak membahas soal dukung-dukungan soal Pilpres,” ujar Adjie singkat.

Dia menjelaskan, sebenarnya tanpa dukungan terbuka dari Habib Rizieq pun, Anies sudah mendapatkan suara dari pemilih muslim yang bertentangan dengan rezim. Karena selama ini Anies sudah menjadi simbol tokoh di luar rezim yang berkuasa. Anies juga dinilai memiliki peluang untuk menandingi capres lain yang mungkin didukung rezim.

“Saat ini Anies sudah mendapat dukungan dari pemilih muslim. Dia juga dinilai memiliki peluang untuk bersaing dengan capres yang kemungkinan didukung oleh penguasa,” tambahnya.

“Jika didukung secara terbuka oleh habib rizieq, akan bisa dikapitalisasi oleh lawan yang akan terus mengaitkan Anies dengan kelompok ekstrem kanan.”

Dari pertemuan ini, “Mereka yang dulu mendukung Prabowo Subianto, kini banyak yang menglihkan dukungan ke Anies.”

Namun secara tegas Adjie mengatakan, kendati mendapat dukungan dari Habib Rizieq, tak ada jaminan Anies bakal memenangkan Pipres. “Dukungan dari Rizieq tak menjadi jaminan Anies menang Pilpres.”

Berdasarkan survei terkini LSI Denny JA yang dirilis Senin (10/10) siang, di Rawamangun, Jakarta, Anies yang disimulasikan berpasangan dengan AHY, memenangi dukungan dari etnis Sunda sebasar (39,7 persen), madura (23,3 persen), Minang *48,0 persen, dan Betawi (63,6 persen).

Sementara pasangan simulasi lainnya, Ganjar – Airlangga Hartarto unggul di etnik Jawa (45,0 persen), Batak (34,2 persen), dan Melayu (37,5 persen).

Sedangkan Prabowo Subianto yang disimulasikan dengan Puan Maharani unggul di etnik Bugis (50,0 persen).

Survei LSI Denny JA ini digelar pada 11-20 September 2022 dengan menggunakan metodologi multi-stage random sampling dari 1.200 responden.

Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner dan margin of error (MoE) ± 2.9 persen.

 

 

Total Views: 69 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *