354 Atlet dari 10 Negara Meriahkan Kejuaraan Dunia Barongsai 2024

  • Bagikan

DEKANDIDAT.ID – Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja dilantik, Grace Natalie membuka secara resmi ‘1st FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024’ atau Kejuaraan Dunia Barongsai, Jumat (17/5) ini, di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta.

Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung 17-19 Mei, diikuti oleh 354 atlet dari 10 negara, yakni Cina, Jepang, Malaysia, Singapura, Vietnam, Hong Kong, Myanmar, Thailand, Australia, dan Indonesia. Sementara peserta dari Indonesia berasal dari 27 Pengprov FOBI, serta dari kalangan TNI dan Polri.

“Saya di sini mewakili Presiden Jokowi untuk membuka Kejuaraan Dunia Barongsai,” kata Grace Natalie, siang tadi.

Menurutnya, ada yang lebih berarti dari digelarnya Kejuaraan Dunia Barongsai pertama kali di Indonesia, yakni diakuinya budaya Tionghoa oleh masyarakat Indonesia.

Grace menilai, di bawah kepemimpinan Edy Kurnia, PB FOBI telah sukses menggelar Kejuaraan Dunia Barongsai yang pertama di Tanah Air dengan memperebutkan Piala Presiden, Piala Menhan, dan Piala Menpora.

“Kalau baru dua tahun menjabat saja sudah sukses menggelar Kejuaraan Dunia Barongsai Piala Presiden, sepertinya harus diberi kesempatan pada periode berikutnya,” ujar Grace.

Kejuaraan yang akan berlangsung 17-19 Mei, diikuti oleh 353 atlet dari 10 negara, dan 58 tim, yakni Cina, Jepang, Malaysia, Singapura, Vietnam, Hong Kong, Myanmar, Thailand, Australia, dan Indonesia.

“Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh PB FOBI sejak diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 20 Februari 2013,” kata Ketua Umum PB FOBI, Edy Kusuma.

Menurutnya, ajang kelas dunia itu bakal memperebutkan tiga piala berbeda dari tiga jenis kelompok pertandingan, yakni kelompok pertama akan memperebutkan Piala Presiden melalui pertandingan barongsai (southern lion dance).

Kelompok kedua, merupakan pertandingan pekingsai (northern lion dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Sementara Kategori Naga (dragon dance) akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan (Menhan).

Edy mengatakan, untuk menyukseskan agenda internasional itu, panitia telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, seperti akomodasi, transportasi, dan juri internasional berjumlah 22 orang.
Para juri itu, tambah dia, diundang dari sejumlah negara, seperti Indonesia yang berjumlah 13 orang dan sembilan dari negara lain, serta telah bersertifikat juri internasional.

“Kami berharap juri internasional yang nantinya bertugas, dapat bersikap adil dalam mengambil keputusan,” pinta Edy Kurnia.

“Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh PB FOBI sejak diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 20 Februari 2013,” kata Ketua Umum PB FOBI, Edy Kusuma.

Dia menjabarkan, di dua tahun awal kepemimpinannya, PB FOBI tak bisa berbuat banyak, karena terkendala oleh mewabahnya Covid-19. “Baru pada dua tahun terakhir, Kami berusaha menjalankan program yang tertinggal. Kami berusaha mengejar ketertinggalan itu dengan menggelar Kejuaraan Dunia Barongsai 2024 di Indonesia. Kami berharap melalui ajang ini, nama Indonesia semakin dikenal di dunia internasional. Kami telah lima kali meraih juara dunia barongsai.”

“Untuk menyukseskan agenda internasional itu, panitia telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, seperti akomodasi, transportasi, dan juri internasional berjumlah 22 orang.

Para juri itu, diundang dari sejumlah negara, seperti Indonesia yang berjumlah 13 orang dan sembilan dari negara lain, serta telah bersertifikat juri internasional.

“PB FOBI sangat berterima kasih pada Kantor Kemensesneg, Kemenhan, dan Kemenpora yang telah telah mengijinkan Kejuaraan Dunia Barongsai ini memperebutkan Piala Presiden, Piala Menhan, dan Piala Menpora.”

“Tujuan utama PB FOBI menggelar even ini adalah untuk menunjukkan bahwa olahraga barongsia adalah milik kita semua. Melalui kejuaraan dunia ini, diharapkan bisa meningkatkan tali silaturahmi di antara peserta. Mari jaga sportivitas selama kejuaraan berlangsung,” ajak Edy.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum 5 KONI Pusat, Tursandi Alwi mengatakan, KONI Pusat sangat mengapresiasi diselenggarakannya Kejuaraan Dunia Barongsai di Tanah Air. “KONI berharap, PB FOBI sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.”

Ikut hadir pada opening ceremony ‘1st FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024’, Brigjen Airlangga, Direktur Kerjasama Internasional Pertahanan Kemenhan, mewakili Menhan Prabowo Subianto.

Total Views: 15 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *