Menpora: PT JAPFA Layak Diberi Penghargaan

  • Bagikan

DEKANDIDAT.ID – Menpora RI, Dito Ariotedjo sangat mengapresiasi kepedulian PT JAPFA yang secara konsisten mendukung dan mengelar pertandingan catur di Tanah Air. Menurutnya PT JAPFA sangat layak mendapat penghargaan dari Kemenpora.

Hal demikian dilontarkan Menpora saat menghadiri pembukaan Turnamen Catur JAPFA Year End 2023, Sabtu (16/12) siang, di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta. “Atas kepeduliannya yang secara konsisten mendukung dan menggelar pertandingan catur di Tanah Air, PT JAPFA sangat layak mendapat penghargaan dari Kemenpora. Mudah-mudahan jika mendapat penghargaan, PT JAPFA semakin peduli terhadap perkembangan olahraga catur di Tanah Air,” ujar Dito.

Seingatnya, Dito menyebutkan, semenjak dirinya dilantik di bulan April sebagai Menpora, Percasi dan JAPFA sudah 4 kali mengelar turnamen catur di Wisma Kemenpora.

“Ini artinya dari private sektor di mana kontribusi pengembangan olahraga, nampaknya PT. JAPFA sangat berkontribusi dalam mendukung PB Percasi untuk memajukan cabor catur di Indonesia,” tegasnya.

“Acara ini sangat baik dimana tujuan utamanya adalah meningkatkan prestasi olahraga Indonesia khususnya di cabor catur. Di turnamen ini saya melihat banyak sekali para pesertanya dari mulai senior, junior, U-12 dan yang paling muda U-10,” lanjutnya.

Menpora berharap turnamen ini akan melahirkan atlet-atlet berprestasi yang bisa mengharumkan nama bangsa dan negara.

Kepada GM Utut Adianto selaku Ketua Umum PB Percasi, Dito juga sangat mengapresiasi keseriusan politisi PDIP ini dalam memajukan olahraga catur.

“Pembinaan prestasi catur di Indonesia perlu terus dilakukan, dengan harapan prestasi Indonesia di cabor catur terus meningkat. Saya menyampaikan apresiasi kepada GM Utut Adianto sebagai Ketua Umum PB Percasi yang dengan konsisten selalu mendorong kegiatan-kegiatan perlombaan catur.”

Sementara itu GM Utut Adianto menambahkan, meskipun saat ini para pecatur bisa belajar melalui youtube, namun menurutnya pembelajaran melalui yuotube tidak lah cukup. “Saat ini kita bisa belajar catur salah satunya melalui youtube, namun itu tidak cukup. Kalau tanpa panduan, hasilnya tak akan maksimal,” jelas Utut.

Dia berharap melalui even ini, akan lahir pecatur muda berbakat yang nantinya bisa meraih prestasi internasional.

Sedangkan Vice Presiden PT JAPFA, Arsanti Alif mengatakan, selama 23 tahun bekerja sama dengan PB Percasi, JAPFA telah banyak menggelar turnamen dan berbagai kegiatan lainnya.

“Sepanjang tahun 2023, PT JAPFA telah membina sebanyak 400-an pecatur di Tanah Air. Mereka dilatih oleh GM Susanto Megaranto, MF Surya Wahyudi, dan Sekar,” kata Arsanti.

Pada kesempatan ini, PT JAPFA memberikan penghargaan kepada Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto.

Untuk Turnamen Catur JAPFA Year End 2023 yang diikuti oleh 401 peserta yang terbagi dalam 5 kategori, JAPFA menyediakan hadiah total sebanyak Rp73.400.000. Turnamen ini merupakan pertarungan catur cepat 15 menit + 5 menit, memainkan 9 babak. Kelima kategori yang dipertandingkan adalah, Kategori Open, Kategori Putri U-12, Kategori Putri U-16, Kategori Putra U-12, dan Kategori Putra U-12. Turnamen akan berlangsung 16-17 Desember.

Total Views: 16 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *