POTRADNAS IX Kemenpora Mampu Membangkitkan Roda Perekonomian Kabupaten Kuningan

  • Bagikan

DEKANDIDAT.ID – Perhelatan Pekan Olahraga Tradisional Nasional (POTRADNAS) IX Tahun 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang digelar Kemenpora, 12-15 Juni, ternyata mampu membangkitan perekonomian provinsi Kuningan yang dijuluki sebagai “Kota Kuda” .

Tingkat hunian hotel-hotel yang dekat Open Space Gallery Linggarjati, langsung meningkat tajam. Mereka yang menginap adalah para kawula muda berusia 15-22 tahun yang datang dari seluruh provinsi di Tanah Air.

Even olahraga tradisional yang dibuka oleh Menpora Dito Ariotedjo membuktikan bahwa pertandingan olahraga mampu membangkitkan sports tourism dan sports industri.

Usai perhelatan, para peserta pun diajak mengunjungi destinasi wisata di Kuningan, seperti Gedung Perundingan Linggajati, destinasi wisata Pondok Pinus Palutungan, Telaga Biru Cicerem, dan objek wisata lainnya.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun menggeliat di tengah-tengah perhelatan POTRADNAS IX tahun 2023 ini. Puluhan gerai UMKM di sepanjang Open Space Gallery Linggarjati, mulai dari makanan ringan olahan lokal, kopi, hingga produk baju olahraga buatan dalam negeri dan lainnya, diserbu pembeli.

Pasca membuka acara POTRADNAS IX tahun 2023, Manpora Dito pun menyambangi gerai UMKM untuk berbelanja.

“Alhamdulillah, terima kasih banyak Pak Menpora yang sudah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Kuningan menjadi tuan rumah POTRADNAS. Berkat even ini, roda perekonomian khususnya dari sektor UMKM berputar,” ujar Ian, ibu-ibu pelaku UMKM Binangkit yang membina 60 orang.

“Semoga acara-acara olahraga seperti ini dapat terus berlangsung di Kuningan, karena sangat membantu perekonomian kita, sekaligus memperkenalkan produk asli Kuningan ke masyarakat luas,” tambahnya.

Sementara itu Nida, pedagang asal Cirebon, sangat bersyukur, karena dagangannya laku. Apalagi salah satu pembelinya adalah Menpora Dito.

“Alhamdulillah, dagangan saya laku, apalagi dibeli sama Pak Menpora. Saya sangat terharu, Pak Menpora tidak melupakan UMKM. Semoga ajang POTRADNAS ini sukses dan Pak Menpora juga sukses. Amin,” ucap Nida.

Total Views: 51 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *