Bersama Kata Catur, Gunadarma Gelar Kejuaraan Catur Junior Nasional

  • Bagikan
Pembina Catur Universitas Gunadarma, Bunawan Bong (kemeja batik), saksikan Robot UG-Bogoljubov beraksi.

DEKANDIDAT.ID – Universitas Gunadarma bersama Kata Catur menggelar Kejuaraan Catur Junior Nasional U13 dan U17 di Kampus L Universitas Gunadarma, Jakarta, 5- 6 November.

Menurut Ketua Penyelenggara, Fendi, Kejuaraan Catur Junior ini bertujuan untuk mencari bibit unggul pecatur yang diharapkan nantinya dapat menjuarai berbagai kejuaraan catur tingkat Internasional. Jumlah peserta pertandingan sebanyak 109 orang, terdiri dari kelompok umur U13 sebanyak 80 peserta dan U17 sebanyak 29 peserta. Mereka berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Riau, dan Banten.

Kejuaraan Catur tersebut dibuka oleh Wakil Rektor IV Universitas Gunadarma, Prof. Dr. Drs. Didin Mukodim, M.M. Pada pelaksanaan kejuaraan catur tersebut dihadirkan sebuah robot catur cerdas yang diberi nama UG-Bogoljubov. Robot ini diresmikan pada 16 Oktober 2022 di UG-Technopark. UG-Bogoljubov dibuat selama enam bulan.

Nama Bogoljubov diambil dari nama pecatur Rusia. Pengembang Robot UG-Bogoljubov adalah Civitas Akademika Universitas Gunadarma yaitu 3 dosen dan 5 mahasiswa Universitas Gunadarma. Robot Catur Cerdas tersebut telah diuji melawan beberapa pecatur ulung termasuk Grand Master Novendra Priasmoro.

Sistem robot catur cerdas tersebut sudah menggunakan teknologi sistem lengan robot dan Algoritma Kecerdasan Artifisial yang secara dinamis dan adaptif mampu mencari solusi langkah-langkah bidak catur agar dapat memenangkan pertandingan. Algoritma tersebut dapat menyimpan dan mempelajari pergerakan bidak catur lawan untuk menyusun langkah strategi memenangkan pertandingan.

Sementara itu Pembina Catur Universitas Gunadarma, Bunawan Bong menilai, kejuaraan catur cepat yang belakangan marak digelar kurang bermanfaat buat pecatur junior.

“Kejuaraan catur cepat kurang bermanfaat buat pecatur junior. Karenanya Gunadarma bersama Kata Catur menggelar turnamen catur klasik yang waktunya dipersingkat menjadi 30 menit.”

Menyoal robot catur hasil karya civitas akademika Universitas Gunadarma, Bunawan menjelaskan, UG-Bogoljubov pernah dua kali menghadapi GM Novendra.

“Hasilnya, UG-Bogoljubov sekali menang dan sekali bermain remis. Karena elo rating Novendra 2512, kita menganggap elo rating UG-Bogoljubov sekitar 2.500 an,” ujarnya.

Mungkin pada kesempatan mendatang, Gunadarma akan mengadakan pertarungan antara UG-Bogoljubov melawan sekitar 30-an pecatur master.

“Bahkan mungkin saja kita mengadakan pertarungan catur antar robot,” lanjutnya berseloroh.

Total Views: 25 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *