Duet Chelsie – Ummi Persembahkan Medali Emas Catur Kilat

  • Bagikan
WIM Ummi Fisabilillah (kanan).

DEKANDIDAT.ID – Tim Catur Kilat Indonesia, WIM Chelsie Monica Sihite dan WIM Ummi Fisabilillah sukses meraih medali emas nomor catur kilat (blitz chess) di ajang SEA Games ke-31 Vietnam yang berlangsung Sabtu (21/5) siang, di Quang Ninh Exhibition Center, Halong City.

Di babak pertama, Indonesia jumpa Filipina. Chelsie yang tampil di papan pertama kalah dari WGM Frayna Janelle Mae. Beruntung di papan kedua, Ummi berhasil mengalahkan WFM Mendoza Shania Mae. Skor pun imbang 1-1.

Selanjutnya di babak kedua bertemu Vietnam, tim catur Indonesia tidak ingin kehilangan momentum melumat tuan rumah 1.5-0.5 usai Chelsie menahan remis IM Pham Le Thao Nguyen, dan di papan 2 Ummi berhasil menaklukkkan WGM Nguyen Thi Mai Hung.

Kemenangan kembali diraih Indonesia saat mengadapi Thailand (2-0), dan Malaysia (1.5 – 0.5).

Dengan hasil 4 babak tersebut sudah bisa dipastikan bahwa Tim Putri Indonesia berhasil merebut medali Emas di nomor Blitz Chess Team, karena match point mereka sudah tidak terkejar oleh peringkat ke-2 Filipina yang masih bertanding, walaupun nantinya Filipina menang 2-0 lawan Malaysia.

WIM Ummi Fisabilillah tampil konsisten dengan merebut empat point sebagai pemain papan kedua, dan sukses ini menjadi emas kedua bagi pecatur asal DKI Jakarta itu setelah sebelumnya bersama IM Medina Warda Aulia mempersembahkan medali emas nomor tim catur cepat atau rapid chess.

Sementara bagi Chelsie raihan medali emas memperbaiki penampilan sebelumnya mendapat medali perak nomor catur kilat perorangan putri.

Susanto/Lutfi Raih Perak

Sementara di tim putra, Indonesia yang mengandalkan GM Susanto Megaranto dan IM Moh Lutfi Ali harus puas memperoleh medali perak. Medali emas diraih Vietnam, sementara perunggu hadi milik Filipina.

Berbeda dengan putri, tim putra Indonesia mengawali laga dengan hasil mengejutkan, kalah ketika jumpa Malaysia dengan skor 0.5-1.5 lewat hasil Susanto bermain remis dengan FM Lim Zhuo Ren, namun dipapan dua Litfi Ali ditundukkan Poh Yun Tian.

Pada tiga babak berikutnya Susanto/Lutfi Ali bermain seri 1-1 dengan tim putra Vietnam, kemudian unggul telak 2-0 atas Thailand, menundukkan Myanmar 2-0 di babak keempat, dan kembali bermain imbang 1-1 dengan Filipina di partai akhir babak kelima.

Dengan tambahan medali di nomor Blitz beregu putra-putri, tim catur Indonesia berhasil mempersembahkan 3 emas, 4 perak dan 4 perunggu.

Total Views: 111 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *