Juarai JAPFA Ramadhan Cup 2022, Elo Rating GM Ruslan Shcherbakov Berkurang

  • Bagikan
GM Ruslan Shcherbakov (kiri).

DEKANDIDAT.ID – GM Ruslan Shcherbakov asal Rusia belum tahu akan diapakan uang Rp10 juta yang baru saja diraihnya setelah sukses menjadi juara di Turnamen Catur Cepat ‘Ramadhan Cup 2022’.

Ruslan yang hingga kini masih dipercaya sebagai pelatih untuk timnas catur Indonesia di SEA Games Vietnam, semula hanya berniat mencari kesenangan saat mengikuti turnamen catur yang digelar atas kerjasama PB Percasi dengan JAPFA.

“Saya mengikuti turnamen ini hanya untuk bersenang-senang. Ternyata saya jadi juara. Saya tidak tahu uang hadiah ini akan diapakan,” ujarnya dengan bahasa Indonesia yang belum lancar.

Dari sembilan babak yang dimainkan, Ruslan mengemas 8 poin kemenangan, hasil dari tujuh kali menang dan dua kali remis. Di babak terakhir dia bermain remis saat melawan MN Eko Supriyono.

“Pada pertandingan tadi, saya yang memegang buah putih melakukan pembukaan dengan Sicilia. Setelah bermain sekitar 20 langkah, pertandingan berakhir remis. Meskipun Novendra juga memiliki nilai 8, tapi saya sudah mengalahkan dia,” jelasnya.

Kendati menang, Ruslan harus rela elo ratingnya berkurang sekitar2-3. “Mereka yang bertanding di sini, elo ratingnya banyak yang¬† jauh di bawah saya. Kemungkinan elo rating saua berkurang sekitar 2-3. Tidak terlalu besar pengurangannya. Tapi No Problem. Saya suka main di sini. Para pecatur mudanya telah menununjukkan kualitas permainannya.”

Minta Perang Berakhir

Sebagai pecatur asal Rusia, dia ikut prihatin menyaksikan perang yang berkecamuk antara Rusia dengan Ukraina. Dia berharap peperangan segera dihentikan.

Dari kaca-matanya, Ruslan melihat, Ukraina ibarat bidak caturnya Amerika. Langkah Ukraina sangat ditentukan oleh Amerika.

 

 

 

 

Total Views: 155 ,
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *